Minggu, 06 Maret 2011

KEPRIBADIAN PEREMPUAN TANGGUH


”Kepribadian Perempuan Aceh Yang Tangguh”



    Buku ”Kepribadian Perempuan Aceh Yang Tangguh” adalah sebuah solusi kongkrit bagi seorang perempuan Aceh yang tangguh dalam menghadapi berbagai permasalahan dan selalu menatap masa depan dengan optimis serta terus berkarya sesuai dengan peran yang ada di tengah-tengah masyarakat seperti akademisi, peneliti, pekerja industri, ibu rumah tangga, aktivis perempuan, PNS, guru, dosen, mahasiswa bahkan buruh kasar sekalipun.  Bukanlah satu perbedaan peran yang membatasi ruang gerak perempuan  untuk menghasilkan satu kemajuan, namun yang perlu ditumbuhkan adalah satu kepribadian yang tangguh dalam menghadapi berbagai cobaan dan tantangan dalam menjalani setiap kehidupan ini.
            Kepribadian yang tangguh dimaksudkan dalam buku ini adalah suatu organisasi yang dinamis dalam diri individu sebagai sistem psikologis yang menentukan cahaya yang khas atau unik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Dalam organisasi dinamis menekankan satu kenyataan bahwa kepribadian itu selalu berkembang dan berubah.

            Dalam buku ini dihadirkan bagaimana sosok perempuan dari masing-masing tokoh yang memiliki kepribadian yang tangguh dalam menghadapi cobaan berupa  cercaan, masalah, rintangan, konflik keluarga, bahkan dalam menghadapi musibah terdasyat yaitu bencana Tsunami yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004. Suatu kenyataan yang dihadirkan dalam buku ini adalah sosok perempuan yang memiliki ketagguhan dalam menghadapi banyak hal, namun perempuan-perempuan dalam buku ini bukan meratapi nasib atau menyalahi kodratnya, namun satu tekat kegigihan yang membuat perempuan – perempuan ini terus bangkit dari berbagai ketepurukan dan berani maju kedepan untuk memperjuangkan harkat dan martabat serta moral yang dibebankan kepada mereka. Adapun tujuan penulis dalam membuat buku tentang Kepribadian Perempuan Aceh Yang Tangguh guna memberi inspirasi kepada setiap perempuan agar berani untuk menulis atau berbicara tentang perempuan.
            Buku ini suatu langkah awal penting yang harus ditindak lanjuti dan lebih disempurnakan  lagi untuk masa yang akan datang. Semoga gagasan awal ini bisa  bermanfaat bagi perempuan-perempan Aceh lainnya yang memiliki ketangguhan dalam menjalani kehidupan seperti sekarang ini.








0 komentar:

Posting Komentar

Labels